- DEFINISI WEB SCIENCE
·
Definisi web
science
Apakah
yang dimaksud dengan Web Science?Web Science terdiri atas kata “Web” dan kata
“Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Web
atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi dan
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu
pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Web
Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari
sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di
dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana
memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis.
Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang
banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan
dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan
bidang pendidikan.
·
Sejarah web
Penemu
situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang
tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Disini web
berfungsi untuk saling sharing kepada anggota untuk menukar data satu sama lain
secara online. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk
memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di
tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim
Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara
untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu
sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang
diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan
jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi
yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat
yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian
Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee
membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan
Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN.
Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada
jaringan Internet.
Situs
web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah
dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan
nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai
Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau
Internet Information Services (IIS).Lalu di bangunlah “Pre Web” dan dibagi lagi
menjadi 6 bagian yaitu :
-
Pre Web
Pre-web adalah era dimana prototype
seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi
menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya
ke publik sampai saat ini.
a) The Memex (Memory Index)
The
memex (sebuahsingkatan dari “memori” dan “index”) adalah nama hipotetis
proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel
bulanan The Atlantic ” As We May Think “(AWMT). The memex akan memberikan
“suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang”. Konsep memex mempengaruhi
perkembangan awal hypertext sistem akhirnya mengarah ke WWW atau world wide
web. Vannevar
Bush (11 Maret, 8190 - 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan
berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi
analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex,
yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World
Wide Web. Memex (singkatan dari "memory extender") , adalah nama yang
diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam
artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic
Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat
ini telah ada. Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan
internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God
Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945
dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin
teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan
memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah
Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal
saat ini yaitu hypertext. Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan.
Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto
dari kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa
menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung
dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui
labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy
dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan
dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat
memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam
berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat
untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat
digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana
mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah
satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi
catatan.
Antara
tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang sedang
mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor baru
saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan
dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak
harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan
menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan
AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari
Web.
b) HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup
yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi
di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang
ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang
terintegerasi. Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola )
antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain,
menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang
artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan
dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink. Markup
language merupakan kombinasi antara text dan informasi tambahan mengenai text.
Informasi tambahan tersebut, misalnya struktur teks atau bentuk tampilan yangt
diekspresikan dalam bentuk markup (tanda) yang menyatu dengan text utama.
Markup language paling modern yang digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext
markup language ) yang merupakan salah satu basis dari World Wide Web. Hypertext
Markup Language adalah markup language yang dirancang untuk pembuatan halaman
web yang mengandung hypertext dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh
browser. HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah dipahami.
Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa yang digunakan untuk mengatur
format tampilan document web, menambahkan object-object seperti image, audio,
video dan juga java applet dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar
dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu
sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan lokasi suatu resource diinternet
yang disebutkan pada browser.
c)
Internet
Internet) secara
harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP). Untuk melayani
miliaran pengguna internet di seluruh dunia cara menghubungkan rangkaian dengan
teknik Internetworking.
d) Usenet
Singkatan dari user network, merupakan
salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada
Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke University
dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah
untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang
terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam
forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung. Usenet merupakan
singkatan dari User Network yang merupakan sistem diskusi Internet yang
terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna
UUCP dari nama yang sama. Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom
Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya
membangun sistem ini pada tahun 1980.
Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut
artikel atau posting, dan secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau
lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS)
dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak
digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat
elektronik dan forum web.
e) FTP(File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini
untuk melakukan download dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan
server FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori,
mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke
server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. File
Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet.
FTP dibangun pada arsitektur client-server dan
menggunakan kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP
pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks
protokol, biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung
secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi
aman yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi
konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File
Transfer Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai
pengganti, tetapi teknologi yang berbeda. Aplikasi FTP client pertama adalah
baris perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki
antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan,
Unix, dan sistem operasi Linux.
Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi telah
sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat
keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas,
seperti editor halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer file yang
telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain. FTP dapat
berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data
didirikan.
Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol
TCP ke server dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan
kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP
client dan nomor client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang
firewall dan tidak dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat
digunakan. Dalam modus ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim
perintah PASV ke server dan kemudian menerima alamat IP server dan nomor port
server dari server klien yang kemudian digunakan untuk membuka koneksi data
dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua
mode yang diperbarui pada bulan September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan
lebih lanjut diperkenalkan ke mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif
diperpanjang.
f)
Gopher
Gopher
adalah,
Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet
pada berbagai server gopher. Pengertian
Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak
yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang
khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang
memungkinkan para pengguna internet dapat
mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan
otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan
hirarki. Protokol Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah
aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang dirancang untuk mendistribusikan,
mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web
dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem
Gopher sering dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan
oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota,
protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Teks antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok untuk lingkungan
komputasi yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks terminal komputer,
yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan
protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher revisi yang
lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia. Gopher
disukai oleh banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya
jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan
struktur hirarki, Gopher menyediakan platform yang berguna untuk skala besar
koneksi perpustakaan elektronik pertama pengguna Gopher mengingat sistem
sebagai "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir"
daripada layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di
tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi
kecil dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher
menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang
Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti
FTP dan Usenet.
Untuk
mendapatkan teks yang Anda inginkan, Anda harus mengklik beberapa link, dan
membaca melalui menu setiap kali sebelum Anda memilih link lain. Namun yang
bekerja lebih cepat daripada orang mungkin berpikir hari ini, dan di masa
kejayaan Gopher, banyak waktu dihabiskan memilih dan mengatur link di layout
yang dapat digenggam sekilas. Gopher menjadi teks-penanganan, dokumen-sistem
pengiriman itu dimaksudkan untuk menjadi. Seorang pengguna bisa menampilkan
dokumen teks pada layar nya, simpan ke file, mencetaknya, atau bahkan e-mail
salinan ke orang lain di Internet. Gopher menjadi klien dominan untuk layanan
informasi lainnya: Server Information Wide Area (WAIS), FTP, dan Archie,
database file yang dipegang oleh sebagian besar anonim utama (publik) situs FTP
di Internet. Awalnya, Gopher bisa mencari hanya satu database WAIS pada satu
waktu, dan WAIS s "relevansi umpan balik" alat (menemukan
konten-dokumen sejenisnya) tidak tersedia.
Lalu adapun
perkembangan Web. Yang berkembang menjadi Web 1.0, 2.0, dan 3.0
Web 1.0
Web
1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta
mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat
ini web masih bersifat read only. Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif. sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan
beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai
penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only.
Contoh
dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang
tulisan pribadi.
Web 2.0
Web 2.0 Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0
dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di
industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform,
dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Mulai menjadi trend
pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write.
Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan sosial dimulai dengan
lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster. Sifat dari web 2.0 ini adalah read write. Web
2.0 memiliki karakteristik sebagai berikut :
Ø Web sebagai platform,
Ø Data sebagai pengendali
utama,
Ø Efek jaringan diciptakan
oleh arsitektur partisipasi,
Web 3.0
Konsep
Web 3.0 ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas
buatan (Artificial Intelegence) . Aplikasi – aplikasi online dalam website
dapat saling berinteraksi. Teknologi pada Web 3.0. definisi
untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0
baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data
antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat
beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan
Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents) .Teknologi Web 3.0 atau Web
Semantik ini secara teknik dalam pencarian di mesin pencari akan mencari hasil
yang dicari. Sebagai contoh, di dalam web 2.0 jika ingin mencari informasi di
mesin pencari dengan keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia”
maka hasil yang dikeluarkan adalah web dengan informasi yang mengandung keyword
“Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia“, sedangkan di Web 3.0 ini nanti
hasil yang ditampilkan adalah berupa hasil yang dicarinya yaitu “17 Agustus
1945“. Semantic web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi
komputer yang dapat memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para
penguna tetapi juga bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan
tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan
sehari-hari , sehingga dapat mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin
atau komputer. Tidak seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan
hal-hal diatas, mungkin web 3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web
untuk mempermudah semua aktivitas.
Beberapa pengamat web mulai
membayangkan konsep web dimasa depan. Beberapa bayangan konsep Web 3.0 antara
lain:
Ø Realisasi Semantic Web
Ø Evolusi 3D
Ø Web sebagai Database
Perbedaan utama dari setiap generasi
adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah
read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia,
manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.
-
Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
Pertumbuhan
social
pada era globalisasi kini berkembang begitu cepat, terutama di Negara
Indonesia, banyak sekali anak muda saat ini lebih memanfaatkan kecanggihan
teknologi baik dalam bidang social untuk berkomunikasi secara individu atau
berkelompok.
Sekarang pertumbuhan ekonomi pun kian menaik begitu cepat, semenjak era
globalisasi ini orang-orang lebih mementingkan kebutuhan hidupnya dengan
barang-barang teknologi yang begitu canggih dan mampu menjawab setiap kebutuhan
baik itu tuntutan bidang pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis dikalangan
manapun.
Hal
inilah dampak dari era globalisasi , kebudayaan tradisional semakin menurun,
dan modernisasi menjadi semakin meningkat, namun upaya kita adalah bagaimana
caranya menggabungkan keduanya itu supaya bermanfaat bagi kalangan manapun yang
membutuhkannya. Pertumbuhan
ekonomi adalah
proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan
menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi
dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu
perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya
pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Perubahan
sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga
kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,
termasuk nilai,
sikap-sikap
sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok
dalam masyarakat. Pertumbuhan
social pada era globalisasi kini berkembang begitu cepat, terutama di Negara
Indonesia, banyak sekali anak muda saat ini lebih memanfaatkan kecanggihan
teknologi baik dalam bidang social untuk berkomunikasi secara individu atau
berkelompok.dibandingkan dengan dulu , orang-orang lebih memanfaatkan surat pos
untuk mengirim dengan rekan-rekannya.Namun hal ini dapat berdampak buruk bagi
kalangan yang kurang terpenuhi kebutuhannya baik itu dalam bidang pendidikan maupun
material,Sekarang pertumbuhan ekonomi pun kian menaik begitu cepat, semenjak
era globalisasi ini orang-orang lebih mementingkan kebutuhan hidupnya dengan
barang-barang teknologi yang begitu canggih dan mampu menjawab setiap kebutuhan
baik itu tuntutan bidang pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis dikalangan
manapun.
Hal inilah dampak dari era
globalisasi , kebudayaan tradisional semakin menurun, dan modernisasi menjadi
semakin meningkat, namun upaya kita adalah bagaimana caranya menggabungkan
keduanya itu supaya bermanfaat bagi kalangan manapun yang membutuhkannya.
-
Web Science
dan Metodologi Web Science
Web Science juga
berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang
baik atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan
yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi
sistem Informasi.
Misalnya
pada proses terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi
lebih lagi dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia
memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka muncullah ide
untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet (Idea), setelah
itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email yang menimbulkan
dampak makro berupa interconnected
academia yang menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru. Dalam hal
ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap
kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web
atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa
tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web
Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian
mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.
Proses dari web science sendiri terdapat beberapa
tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim Berners-Lee, berawal
dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan masyarakat sehingga
dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat
bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam
bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang
sudah ada sebelumnya.
Setelah ide terealisasi, tentunya teknologi
tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada akhirnya
akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim
Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses terciptanya sebuah email,
berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih lagi(Issues), dan
dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia memiliki masalah
dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka muncullah ide untuk membuat
sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet (Idea), setelah itu dengan
mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email yang menimbulkan dampak
makro berupa interconnected
academia yang menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi
Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari
Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah
bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer
melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain
sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung
saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph
pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu.
- ARSITEKTUR WEB dan APLIKASI UTAMA
Apakah Arsitektur Website itu? Arsitektur Web
merupakan perancangan yang tersturktur dari sebuah web dimana berfungsi untuk
menyusun informasi yang tepat agar mudah saat menemukan isinya. Ada
beberapa hal yang harus dipenuhi dari arsitektur web antara lain yaitu,
navigasi, visual, form, interface, interaksi.
Jadi arsitektur
Website itu merupakan berupa ilmu atau cara untuk membuat suatu karya menjadi
lebih bagus atau memiliki nilai estetika. Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan
perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis,
kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya
adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian
khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi
dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu
memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide
Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan
dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik
dan disiplin desain lainnya. Website
arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan
kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur
informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah
dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan
postmodernisme. Web 2.0, karena
melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk
aspek-aspek struktur informasi.
Adapun konsep
yang berada dalam sistem web yaitu :
a. Arsitektur teknologi informasi
merupakan rencana aset informasi dalam sebuah organisasi.
b. Infrastruktur teknologi informasi merupakan fasilitas komponen dari :
b. Infrastruktur teknologi informasi merupakan fasilitas komponen dari :
-
Fisik teknologi informasi
-
Layanan teknologi informasi
-
dan personil teknologi informasi
“Website arsitektur” memiliki potensi
untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten
website.”. Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar
ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan dijelaskan
secara singkat mengenai standar tersebut.
·
SOAP (Simple Object Access Protocol)
suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang
berguna untuk proses transaksi melalui HTTP
standar.
·
WSDL (Web Services Description Language)
bahasa yang memungkinkan berbagai
dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
·
UDDI (Universal Description Discovery and
Integration)
semacam direktori global untuk
mengelola web services.
Aplikasi Utama Arsitektur Web
Ada beberapa apliaksi utama dari
arsitektur web yaitu :
a.
Hyper text transfer protocol (HTTP)
merupakan sebuah protokol jaringan
lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, dan
kolaburatif yang menggunakan hipermedia.
b.
Hyper text markup languange (HTML)
merupakan sebuah bahasa standar untuk
membuat suatu halaman web yang terdiri kode-kode yang memerintahkan web untuk
menampilkan halaman web.
c.
Internet
merupakan sebuah jaringan komputer yang
terdiri dari macam-macam ukuran jaringan komputer, mulai dari jaringan lokal
bersekala kecil, menengah, dan jaringan utama.
d.
Web server
Server web atau peladen web dapat
merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan
layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas
berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna
dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
e.
Web browser
merupakan sebuah program yang dapat
menterjemahkan pengkodean dari HTML.
f.
Transaction
Internet Server Transaksi memiliki
kemampuan untuk menangani berbagai macam teknologi Web untuk mengakses aplikasi
SAP. Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik Transaksi Web dan SAP GUI untuk HTML
adalah dua pilihan tersebut.
·
User Generated Content
User merupakan Pengguna. Biasanya
ditujukan kepada pengguna suatu sistem yang umumnya adalah manusia.
Misalnya pengguna komputer. GC adalah singkatan yang berarti Generate
Content Pengertian UGC (user
generated content) sebenarnya cukup sederhana, yaitu konten yang dihasilkan
dari user atau
penggunanya sendiri.
·
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log, adalah
bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat
sebagai posting) pada
sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik.
Blog itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian
online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog /
penyedia Blog local maupun internasional :
·
Wikis
Wiki adalah sebuah situs web (atau
koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah
atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada
software kolaboratif
yang digunakan untuk menciptakan situs web.
·
Social Networks
Social Networking merupakan sebuah
bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang
memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan
latar balakang tertentu.
·
Floksomonies
Folksonomi adalah suatu sistem
pengklasifikasian yang diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan
pengelolaan tag-tag secara kolaboratif ,
·
Semantic Web
Summary
Merupakan pengembangan dari “world wide
web” yang memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic web terdiri dari
seperangkat desain dengan kelompok kerja kolaboratif dan berbagai teknologi. Web
semantik ditujukan kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami
bahasa manusia. Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim
Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik
disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Pengertian Semantic Web (Web Semantik) atau Definisi Semantic Web adalah pengembangan
dari World Wide Web di
mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan
mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide Web Konsorsium dari
Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan. Semantic Web terdiri dari
seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai
teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai
calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam
spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep,
istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.
Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide
Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World
Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu
sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. WebSemantik menggunakan XML, XMLS (XMLSchema), RDF, RDFS (Resources
Description Framework Schema) dan OWL.
- Xml
XML (Extensible Markup Language) adalah
bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web
Consortium) untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem
yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup
Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
b. Rdf
RDF (Resource Description Framework)
adalah standar W3C untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author,
modification date, content, dan copyright information dari Web page.
c.
Owl
OWL (Web Ontology Language) adalah
salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan
oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan
informasi untuk konsumsi manusia.
d. Microformats
Microformats adalah salah satu cara
menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia
seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web sehingga
informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks,
dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
e.
Microdata
Microdata adalah Spesifikasi HTML yang
berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman
web. Microdata membantu teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih
memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web, menyediakan hasil
pencarian yang lebih baik.
·
Web Security
merupakan suatu pengamanan aplikasi
web. Ada tiga prinsip utama yang tidak lepas dari keamanan di era digital ini
yaitu Confidentiality, integrity, dan Availability (CIA).
- Confidentiality, yaitu informasi yang berada didalam website hanya dapat dibaca atau diakses oleh orang-orang hanya yang diberikan aksesnya.
- Integrity, yaitu setiap data yang ada didalam server hanya dapat diubah oleh orang yang berwenang saja.
- Availability, yaitu dimana website harus dapat diakses oleh user yang ingin menggunakannya dan user yang dapat mengakses itu hanya yang telah dicover oleh prinsip confidentiality.
- PENGELOLAAN WEB
Mengelola sebuah website bukanlah suatu
pekerjaan yang mudah, malah bisa menjadi sebuah beban bagi perusahaan atau lembaga
dimana aktivitas online belum menjadi keseharian sosial-bisnisnya.
Tidak sedikit perusahaan yang harus menyewa staf atau konsultan khusus hanya untuk mengurusi situs internet demi menjaga citra perusahaan di mata klien dan public
Tidak sedikit perusahaan yang harus menyewa staf atau konsultan khusus hanya untuk mengurusi situs internet demi menjaga citra perusahaan di mata klien dan public
Ada 3 macam Institusi yaitu :
1. W3C ( World Wide web Consortium )
World Wide Web Consortium (W3C)
adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk
World Wide Web (http://www.w3.org/).
Misi dari W3C bertujuan untuk
mendorong semua potensi penuh dari dunia web yang bisa dikembangkan dengan
menyediakan protokol2 dan panduan2 untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang
dari web itu sendiri.
2. Internet Engineering Task Force (IETF)
IETF ( Internet Engginering Task Force
) adalah Komunitas International jaringan terbuka dalam perancangan
jaringan,operator,vendor peneliti berkaitan dengan evolusi arsitektur Internet
dan kelancaran Internet.
Pekerjaan teknis sebenarnya dari IETF
dilakukan dalam kelompok-kelompok kerja, yang diatur menurut topiknya ke dalam
beberapa wilayah (misalnya, routing, transportasi, keamanan, dll).Banyak
pekerjaan yang ditangani melalui mailing list.
3. Internet
Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)
ICANN (Internet Corporation for
Assigned Names and Numbers, http://www.icann.org)
adalah organisasi nirlaba yang didirikan untuk bertanggungjawab dalam alokasi
ruang alamat IP, pemberian parameter protokol, manajemen sistem nama domain,
dan manajemen sistem root server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah
Amerika. ICANN didirkan pada bulan Oktober 1998 oleh koalisi yang terdiri dari
beragam komunitas bisnis Internet, akademisi, dan pengguna.
Pemerintahan: Hukum privasi, hukum hak cipta Copyright
- Hukum Privasi
Hukum Privasi merupakan hak pemegang
hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak
tersebut terbatas dan secara privasi hanya pada suatu lingkup tertentu serta
biasanya menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.
- Hukum Hak Cipta
Hak cipta (lambang internasional: ©,
Unicode: U+00A9) adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk
mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada
dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta
dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak
sah atas suatu ciptaan.
Di Indonesia, masalah hak cipta diatur
dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu, yang berlaku saat ini, Undang-undang
Nomor 19 Tahun 2002.
Prinsip dan
Serangan : Jaringan Kesetaraan (Netral), Sensor
Prinsip dasar
keamanan
Pengamanan,
merupakan sebuah kata yang mutlak ketika kita mencoba membangun sebuah website.
website akan menjadi percuma ketika dibuat sangat “molek”, namun tidak serta
merta memberikan keamanan bagi admin dan penggunanya. Dalam pengamanan dikenal
dengan beberapa tingkat dan tipe. Tingkat dan tipe yang diperlukan untuk
aplikasi kita akan berbeda-beda bergantung bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe
dan nilai data yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta
biaya yang dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman.
Serangan pada
web
Faktor-Faktor Timbulnya Serangan :
1) Scripting
2) Lubang pada Situs
Tetangga.
3) Hosting yang
Bermasalah
Kasus Pada
Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army (SEA), atau
juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker
komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan
serangan denial of service(DoS), perusakan, dan metode lainnya, terutama
menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi
berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik
pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan
cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan
pemerintah Suriah tidak jelas.
- WEB CONTENT
Media
Dalam produksi media dan penerbitan,
konten informasi dan pengalama dapat memberikan nilai bagi end-user/audience
dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan melalui media apapun seperti
internet, televisi, dan CD audio, serta acara live seperti konferensi dan
pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk mengidentifikasi dan
menilai berbagai format dan genre informasi yang dikelola sebagai nilai tambah,
dan media komponen berguna untuk target audiens.
Standard
Standar Web merupakan suatu keharusan,
standar non-proprietary dan spesifikasi teknis lainnya yang mendefinisikan dan
menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam beberapa tahun terakhir, istilah
ini telah lebih sering dikaitkan dengan kecenderungan untuk membangun situs
web, dan filosofi desain web dan pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar web, dalam arti yang lebih
luas, terdiri dari:
- Recommendations published by the World Wide Web Consortium (W3C)
- Internet standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
- Name and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)
Bahasa dalam
Web
Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah
bahasa pemrograman.
Sekarang kita bisa dengan mudah membuat
suatu website yang geratis atau dengan membayar. Sebenarnya apakah fungsi dari
website itu sendiri? Website dapat digunakan untuk mengeshare berbagai ilmu dan
pengetahuan sehingga banyak orang dapat mengetahuinya.
Banyak bahasa pemrograman seperti HTML,
joomla, java, bahasa C, C++, PHP, dll.
Tapi PHP mempunyai kelebihan dari bahasa
pemograman yang lainnya yang diantaranya :
- Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
- Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
- Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
Keberagaman
Budaya
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada
saat ini, memiliki banyak sekali pengaruk bagi kebudayaan yaitu salah satunya
Bergesernya Nilai-nilai Budaya.Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya
Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu
adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang
Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi
akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi
orang Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat
saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam
setiap kegiatan yang dilaksanakan. Pada prinsipnya setiap perkembangan dan
kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan
pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian banyak bidang ada dan
berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan
perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam
teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang
diinginkan. Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu
membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia.
Model
Generatif
Secara tradisional, objek 3D dan dunia
virtual ditentukan oleh daftar geometris yang terdahulu : kubus dan bola di
bentukan CSG, NURBS patch, satu set fungsi implisit, segitiga, atau hanya
dengan sebuah titik.
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan
perubahan paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang
dioperasikan : sebuah bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah
pengolahan, bukan hanya hasil akhir dari penerapan operasi
Contoh Generative Model :
Rhetorical
Web
Rhetorical Web adalah fitur yang
signifikan dari WWW , bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik
dan navigational . Di sisi lain , tautan (link) menyarankan asosiasi yang
berarti antara halaman web dan isi dari halaman web , dan bisa
memfasilitasi ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna .
Contoh Rhetorical Web:
Web Annotations
- Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama
dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet
berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Google pun diam-diam sudah memasukkan
sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini
memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web
yang Anda kunjungi.
2. Meta data
Metadata adalah informasi terstruktur
yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat
menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau
dikelola.
3. Rich Snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil
pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama
sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk
memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich snippet ini
membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan
tingkat klik yang anda peroleh.
Sumber:
-
http://andrew-jonathan.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
-
http://changeofchange.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya.html#ixzz33aCthAjZ
0 komentar:
Posting Komentar