Tugas Softskill
II
Nama : Mutiah Nur Syahidah
NPM : 55412179
Kelas : 3IA25
Pengaruh Kebudayaan dan
Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Ada sebuah pengaruh
terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis.
Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu
desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,
sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak
lainnya.
Kerajinan
kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang sangatlah
indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain
grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi
pun turut andil untuk perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya
perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya
desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak
sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Bidang Studi
yang Relevan dengan Desain Pemodelan Grafis
1.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif
dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif
dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang
dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin
terhadap pengguna manusia. Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi
formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem
manusia-komputer.
2.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
3.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan
dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
4.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan
dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini
dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi
dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
5.
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja
untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer,
khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai
Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti
perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang
teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu
sistem interaksi mausia-komputer.
6. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi
melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan
‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu,
pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori
formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis,
seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’
(Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan
teknik elektronika.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
1.
Pendidikan
Grafik komputer
pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan
bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang
telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar
kerangka manusia, susunan tubuh manusia dan sebagainya.
2.
Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa
efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
3.
Perancangan
Pada bidang ini
grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang
akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad
semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan
yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu
model yang sama seperti aslinya.
4.
Budaya
Seperti yang
kita tau bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam
hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada
bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia,
desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya
merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa
juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah tentang
sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal
kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang
dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang,
awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa
desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah
dan nilai seni dalam budaya tersebut.
5.
Teknologi
Desain grafis,
seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan.
Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada
gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer
berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Sumber :
http://pandyapriyandi.blogspot.com/2014/11/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html
0 komentar:
Posting Komentar