TUGAS SOFTSKILL 1
NAMA:Mutiah Nur Syahidah
NPM: 55412179
KELAS:3IA25
PEMAHAMAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Ø Sejarah Desain Pemodelan Grafik
NAMA:Mutiah Nur Syahidah
NPM: 55412179
KELAS:3IA25
PEMAHAMAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Ø Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Pada tahun
1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa
digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland,
Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner
yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi
bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali
Tahun 1450
Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh
Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”,
“Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan
Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman
terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf
(tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon.
Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Pada
perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak
Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak
tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang
memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi
tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Teknik ini
memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk
blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna.
Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan
ini disebut-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.Tokoh-tokoh seni
poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya
besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller”
(1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh
lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Ø Apa itu Desain?
Desain atau yang sering disebut sebagai seni terapan, atau arsitektur.
Desain memiliki arti yaitu proses membuat dan menciptakan obyek baru dalam
bentuk sebuah rencana atau obyek nyata. Pengertian desain secara umum yaitu
suatu pemikiran baru yang fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan
pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa,
yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia
seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.
Ø Apa itu Pemodelan?
Pemodelan diambil dari kata model yang artinya rencana, representasi,
atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang
seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model
fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis. Dalam hal ini model dirujukkan pada
representasi objek seperti : model benda (representasi fisik suatu objek),
model berskala (replika atau purwarupa suatu objek), model 3D (representasi
tiga dimensi suatu objek), model manusia (representasi dari manusia yang dapat
ditiru oleh manusia lainnya).
Ø Apa itu Grafik?
Grafik berasal dari kata grafika yang artinya segala cara pengungkapan
dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui
proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah : foto,
gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain
geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual
yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se-efektif
mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti
jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan,
metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu
yang digunakan (desain). Desain grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur,
garis, ruang, warna yang membentuk prinsip-prinsip desain visual. Dimana
prinsip-prinsip tersebut meliputi keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan
yang membentuk aspek-aspek structural komposisi yang lebih luas.
Ø Apa itu Desain
Pemodelan Grafik?
Desain pemodelan grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang
membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan
berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan
suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan dan
manipulasi model dan citra.
Ø Prinsip & Unsur
Unsur dalam
desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis,
ruang, dan warna) membentuk prinsip - prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm),
tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Ø Peralatan Desain Pemodelan Grafik
Peralatan yang
digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar
tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai
sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang
perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks
secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Ø Desain Grafis 2D & 3D
Grafik komputer
2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan
perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti
segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi
yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar,
kartun,iklan, poster dll.
Grafik komputer
3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara
matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat
secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan
untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Ø
Software
pendukung desain grafik
§
Desktop
publishing
Adobe Photoshop Adobe Illustrator Adobe Indesign
Page Maker Coreldraw GIMP
Inkscape Adobe
Freehand image ready
CorelDraw
§
Webdesign
Macromedia Dreamweaver Microsoft Frontpage
Notepad Adobe
Photoshop
§
Audiovisual
Adobe After Effect Adobe Premier Final Cut
Adobe Flash Ulead Video Studio Magic Movie Edit Pro
Power Director
§
Rendering
3D
3D StudioMax Maya
AutoCad Google
SketchUp
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar